Tertibkan Siswa dengan Zebra Berkarakter

by
DOK – Gambaran zona Zebra Berkarakter di SMK Muhammadiyah Kesesi.

KESESI – Dengan mengadopsi zebra cross yang ada di ruas jalan raya, SMK Muhammadiyah Kesesi berinisiatif untuk menertibkan mobilisasi siswa dengan membuat zona Zebra Berkarakter. Program tersebut mulai diterapkan pada awal Mei lalu. Dengan Zebra Berkarakter, siswa dilatih untuk bisa tertib menaati peraturan, Senin (9/11/2020).

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Yudha Satya Wibowo, menuturkan ide Zebra Berkarakter terinspirasi dari sebuah perusahaan yang menerapkan peraturan serupa untuk mengatur para pekerja agar bisa antri dan tertib saat masuk dan keluar perusahaan.

“Kepala sekolah melihat sebuah perusahaan yang menerapkan peraturan ketertiban dengan jalan yang diberi sebuah garis agar pekerja bisa antri dan tertib saat masuk dan keluar. Dengan pemikiran yang matang dan pertimbangan, sepertinya konsep tersebut bisa menjadikan siswa lebih rapi dan tertib saat berjalan di lingkaran sekolah,” jelas Yudha, sapaan akrabnya.

Menurut Yudha, program Zebra Berkarakter dapat direalisasikan dengan baik berkat dukungan seluruh keluarga besar SMK Muhammadiyah Kesesi. Garis berwarna yang dibuat di sekolah difungsikan sebagai batas mobilisasi siswa ketika masuk dan keluar sewaktu sholat, berangkat sekolah dan saat istirahat.

“Sepertinya ini terobosan baru yang menuntut siswa untuk terbiasa manaati apa yang sudah ada, dengan sanksi yang sudah ditetapkan jika siswa melanggar. Alhamdulillah siswa sudah terbiasa dengan pembentukan karakter yang tanpa mereka sadari,” jelasnya.

Yudha berharap, program yang telah diupayakan oleh pihak sekolah untuk membentuk karakter siswa bisa terwujud dengan inovasi baru. Program Zebra Berkarakter menjadi satu upaya positif dari sekolah dalam menjaga kepercayaan wali siswa kepada SMK MUhammadiyah Kesesi. (mal)