Musim Hujan, Perajin Arang Kesulitan Pasokan

by -
SIAP JUAL - Carumi (60), salah satu pengrajin arang kayu bakar Dukuh Sijegur, Desa Wringin Agung, Kabupaten Pekalongan menyiapkan pasokan arang yang sudah siap jual.

Proses pembuatanya sendiri terbilang sederhana dan masih serba tradisional. Kayu – kayu mentah disusun sedemikian rupa dan berjarak rapat semacam bentuk kubus dengan celah sempit dibagian bawah. Celah ini berfungsi sebagai tungku pembakaran utama untuk tempat api berkobar dan membakar kayu.

Durasi pembakaran cukup panjang mengharuskan api tetap menyala tanpa jeda. Untuk itu dibagian kubus kayu, tak jarang dioleskan tanah liat supaya api tetap stabil menyala dan terkadang ditumpuk dengan dedaunan dibagian atas.

Carumi bukan satu -satunya pembuat arang tradisional di Wringin Agung. Beberapa tetangganya juga menekuni pekerjaan serupa. Meski keadaan semakin susah seperti kondisi pandemi ini, Carumi mengaku akan tetap konsisten bertahan menekuni mata pencarianya tersebut. Meski keadaan cuaca saat ini menjadi penghalangnya produksinya. (ap3)