Berbagi di Tengah Pandemi, Warung Rakyat Sediakan Makan Siang Gratis

by
AKSI- Aksi berbagi warung rakyat gratis sediakan makan siang untuk siapapun yang membutuhkan.

KOTA – Nampak seperti warung makan pada umumnya, di sana orang-orang tengah sibuk dengan aktifitas menyiapkan lauk pauk serta membereskan kursi dan meja. Hingga masuk pukul 12.30 wib nampak sekelompok pengendara ojek online, tukang becak, ibu-ibu hingga anak-anak datang bersamaan.

Di sana tersaji aneka lauk-pauk yang lengkap tema makan siang kali ini urapan dan aneka lauk-pauk pelengkapnya. Ada yang aneh rasanya orang-orang antre bergantian mengambil lauk dan nasi secara tertib namun tidak diminta bayaran. Kata seorang pekerja ojek online, di sana dirinya bisa makan siang sepuasnya namun gratis.

Digagas oleh sekelompok orang yang memiliki tujuan untuk berbagi sesama, melihat kesusahan kondisi ekonomi masyarakat di sekitarnya, ditambah lesunya pekerjaan di masa pandemi Covid-19 ini. Maka dibukalah Warung makan rakyat gratis.

“Warung rakyat ini melayani rakyat untuk makan siang, siapapun mereka yang membutuhkan makan siang, monggo kami persilahkan ke warung rakyat, monggo kesini, kita makan siang disini sepuasnya. Gratis,” ungkap, Maya salah satu penggagas Warung Rakyat yang berada di Jalan Kusuma Bangsa, depan Masjid Walisongo, Pekalongan, yang menyediakan tempat sebagai lokasi Warung Rakyat tersebut.

Maya menceritakan, awal membuka warung Rakyat gratis tanggal 31 Oktober lalu ini dirinya bersama rekan-rekanya sempat kehabisan nasi padahal lauk masih ada, akhirnya ditambah dari awal 8 kg beras menjadi 10kg. Untuk porsi per hari pun bisa 100 hingga 130 porsi ludes habis dalam waktu beberapa menit saja.