KPU Petakan TPS Rawan Bencana

by
Ahsin Hana

**Gandeng BPBD

KAJEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan akan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memetakan lokasi TPS yang rawan bencana. Pasalnya, pelaksanaan Pilkada 2020 ini dilaksanakan saat musim penghujan, dimana beberapa wilayah di Kabupaten Pekalongan rawan bencana alam longsor dan banjir rob.
Demikian disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Pekalongan Ahsin Hana, kemarin. Ia mengatakan, TPS akan didirikan di tempat-tempat yang jauh dari titik-titik rawan longsor dan rob.

“Beberapa wilayah atas Kabupaten Pekalongan rawan longsor, sedangkan wilayah pesisir rawan rob,” katanya.

Disampaikan, berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), salah satu potensi penghambat proses pemungutan suara di Kabupaten Pekalongan adalah bencana alam.

“Kami nanti akan rapat koordinasi terkait ini dengan beberapa pihak. Salah satunya BPBD,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya telah mengimbau Petugas Pemungutan Suara (PPS) untuk mulai mencari lokasi strategis untuk TPS. Artinya, kata Ahsin, untuk wilayah atas tidak di bawah tebing. Sementara wilayah utara harus jauh dari titik rawan rob.

“Setelah itu nanti kami kaji kembali bersama BPBD. Ini demi keamanan dan kenyamanan,” ungkapnya.

Daerah rawan longsor yang menjadi perhatian KPU, yakni Kecamatan Petungkriyono, Lebakbarang, Kandangserang, dan Paninggaran. Sementara untuk zona rawan rob, yakni Kecamatan Siwalan, Wonokerto, dan Tirto. (had)