Desa Rowokembu Bantu Warga Daftarkan Banpres UMKM

by
PELAYANAN - Pelayanan pihak aparat desa Rowokembu dalam membantu warga mendaftarakan secara online bantuan BLT UMKM, Selasa (3/11/2020).

WONOPRIGGO – Pemerintah pusat tengah mengucurkan program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus bagi UMKM yang terdampak Covid-19. Namun demikian, bantuan sendiri tidak langsung diberikan melalui pemerintah desa seperti bantuan Covid-19 yang lain, tapi dengan cara pendaftaran online.

Kenyataanya tidak semua warga mampu memahami prosedur pendaftaran online tersebut. Melihat hal tersebut, akhirnya pemerintah Desa Rowokembu, Kecamatan Wonopringgo, membuka pelayanan khusus bagi warganya yang hendak mendaftar bantuan UMKM secara online di balai desa setempat.

“Di desa apabila kita merujuk dari surat pemerintah sendiri hanya bertugas membantu membuatkan Surat Keterangan Usaha (SKU) saja. Namun demikian melihat kesusahan warga daftar via online, kami berinisiatif membantu dengan membuka open desk jadi mereka yang hendak daftar bisa sekalian tahu caranya bagaimana silahkan datang ke desa dan kami bantu hingga jadi. Kalau mau belajar pakai smarth phone sendiri juga bisa di sini, “ujar Sekretaris Desa Rowokembu, Fatin Catur Lestari, didampingi kepala desa setempat, Mufreni, Selasa (3/11/2020), di balai desa.

Pihaknya juga menjelaskan terkait pelayanan pendaftaran bantuan BPUM tersebut dibatasi jam kerjanya. Sehingga bentuk pelayanan pemerintahan desa yang lain tetap berjalan.

“Tentu kami batasi mengingat pelayanan lain di desa. Apalagi aparat desa sendiri terbatas, hanya 2 orang yang bantu open desk sehingga kami hanya menjadwalkan setiap harinya bagi warga yang hendak daftar online bantuan di jam 09.00 wib hingga 13.00 wib saja, “lanjutnya.

Antusiasme warga nampak di sana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak mereka berduyun-duyun datang ke balai untuk daftar online. (ap3)