Dinas Kesehatan Mulai Latih Tenaga Vaksinasi

by
Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto.

KOTA – Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mulai mempersiapkan tenaga medis yang akan bertugas dalam melakukan vaksinasi Covid-19. Ada 16 petugas yang ditunjuk dan saat ini sudah menjalani pelatihan secara daring.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto yang ditemui belum lama ini. “Kalau untuk persiapan vaksinasi, kami memang belum melakukan persiapan secara tejbus. Kami baru melakukan pelatihan untuk tenaga kesehatan yang nantinya akan melakukan vaksinasi,” ungkap Budiyanto, sapaan akrabnya.

16 Petugas yang ditunjuk untuk menjalani pelatihan, lanjut Budiyanto, terdiri dari petugas imunisasi, kemudian tenaga dari laboratorium, dan dokter dari Puskesmas.

Budiyanto melanjutkan, pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah terkait kuota vaksin yang akan diberikan untuk Kota Pekalongan. Sehingga dirinya terus berpesan kepada masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan 3 M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Sabun dan Menjaga Jarak.

Apalagi, tingkat kematian akibat Covid-19 di Kota Pekalongan terbilang maish tinggi. Rata-rata dalam satu pekan ada tiga kasus kematian karena Covid-19. “Harapanya ke depan ini bisa ditekan. Penyebabnya lebih ke arah para pasien ini sudah memiliki penyakit penyerta kronis,” jelasnya.

Sehingga upaya preventif untuk mencegah penularan Covid-19 terus disosialisasikan ke masyarakat agar penularanya, terutama kepada orang-orang yang rentan, bisa diminimalisir. “Kami terus lakukan upaya-upaya preventif agar bagaimana bisa mencegah tidak tertular melalui penerapan protokol kesehatan secara disiplin,” pesannya.(nul)