Ekonomi Lesu Saat Pandemi, Stunting Diwaspadai

by
PENGUKURAN - Pihak kader Posyandu didampingi bidan desa melakukan pengukuran ulang kepada anak di desa Satrodirjan.

*Posyandu Sastrodirjan Ukur Ulang Balita

WONOPRINGGO – Lesunya perekonomian selama pandemi bisa meningkatkan potensi kasus stunting. Karena itu, Posyandu Desa Sastrodirjan berinisiatif melakukan pengukuran ulang tubuh balita sebagai verifikasi.

Desa Sastrodirjan sendiri yang masuk daftar lima desa dengan ksus tertinggi di Kecamatan Wonopringgo. Sebagai tindak lanjut, Eva Nofianti selaku bidan desa menyatakan tengah menindaklanjutinya. Pihaknya menduga ada kesalahan data pengukuran tumbuh kembang anak yakni pada pengukuran tinggi badan. Hal ini terjadi akibat alat yang digunakan saat pengukuran masih menggunakan alat umum.

“Mungkin selama ini kan alat ukur kita masih manual dengan matelin yang buat ukur baju bukan standar alat ukur yang akurat. Maka dari itu kita ulang kembali dengan alat yang lebih standart akuratnya. Kalau dilihat kembali data yang masuk ke dinas dengan anak kenyataannya itu berbeda. Saya lihat langsung si anak ternyata bukan masuk kategori stanting, jika dilihat dari fisik badan,”ujar Bidan Novi.

Data yang masuk di awal sekitar 13 anak yang diduga stunting di Sastrodirjan, maka dari itu dalam kegiatan Posyandu kali ini selain kegiatan rutin pemberian vaksin serta imunisasi difokuskan lebih pada pengukuran ulang anak berdasarkan usia dan jenis alat akurasi pengukuran yang berbeda. Dan tentu disertai dengan pengukuran berat badan pula nantinya.

“Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan tentunya, di sini kami melayani baik pengukuran atau imunisasi kepada anak disarankan setelah selesai mereka langsung pulang. Jadi tidak menimbulkan kerumunan. Penambahan vaksin juga dilakukan di pandemi ini, ada vaksin Pentavalen untuk anak usia 1,5 tahun, sedang 2 tahun hingga 3 tahun ada campak ulang,” terangnya.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk mewaspadai stunting. Caranya dengan memperhatikan pertumbuhan gizi ibu di masa kehamilan. (ap3).