Cegah Banjir, Kelurahan Banyurip Normalisasi Sungai

oleh -
NORMALISASI - kelurahan Banyurip melalui izin dari pihak Balai PSDA, melakukan normalisasi sepanjang kali keranggan atau saluran sekunder Podo Timur.

BANYURIP – Mengantisipasi datangnya musim penghujan, pihak Kelurahan Banyurip melalui izin dari pihak Balai PSDA, melakukan normalisasi sepanjang kali keranggan atau saluran sekunder Podo Timur.

“Berdasarkan usulan sebelumnya, berkaitan normalisasi kali keranggan atau saluran sekunder Podo Timur dan alhamdulillah disetujui. Sempat ada masukan dari warga terkait penyebab banjir di Banyurip salah satunya yakni bangunan peninggalan belanda terdahulu. Seperti pintu air yang mana airnya sendiri dialirkan lewat bawah namun demikian seiring berjalanya waktu semakin dangkal sehingga air tidak mengalir. Hal tersebut jadi bagian dari normalisasi kali ini,” ungkap Lurah Banyurip, Mustofa Hadi Senin (2/11/2020).

Proses normalisasi sudah hampir rampung. Kegiatanya tidak hanya pengerukan pada aliran sungai saja, namun juga pembenahan tanggul sekitar sungai. “Perbaikan pintu air lama juga dibongkar dengan membuat pintu air yang baru, sekarang hampir proses jadi. Tinggal normalisasinya saja nanti,” lanjutnya.

Tidak hanya normalisasi pada saluran sekunder Podo Timur, melalui swadaya masyarakat sekitar saluran warga pun sudah mulai dibersihkan meski prosesnya bertahap. Tidak cukup disini, lokasi tempat pembuangan sampah Banyurip disekitar sungai besar tak luput dari pembersihan dan perbaikan.

“Harapa kami mudah-mudahan meskipun di Banyurip langganan Banjir kalau musim penghujan dengan adanya upaya normalisasi ini mampu mereda. Air lekas surut sehingga tidak berlarut-larut seperti biasanya,” pungkasnya.(ap3)