Bantu Minimalisir Sampah Plastik, Tiap Kecamatan Ditargetkan Dua Taman Ecobrick

by
BERFOTO - Ketua TP PKK, Uni Kuslantasih bersama Bupati Wihaji, Kepala Desa Wonotunggal dan jajaranya foto bersama di taman ekobrik Desa Wonotunggal.

BATANG – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Batang menargetkan setiap kecamatan harus memiliki taman ekobrik. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir sampah plastik yang ada di Batang. Tak hanya menarget pihak kecamatan, di tingkat kabupaten sendiri, TP PKK Batang sudah terlebih dulu menginisiasi Taman Ekobrik Hatinya PKK di mana terdapat green house dan kantin Ojo Gebrek.

“Target kita setiap kecamatan dua tempat dijadikan fokus ekobrik dan kita lombakan di awal November 2020,” Kata Ketua TP PKK Batang, Uni Kuslantasih.

Dijelaskan, pemberian target ini dilakukan dalam bentuk perlombaan. Di mana untuk lomba ekobrik bentuk karakter binatang sudah dilaksanakan, namun untuk sekarang yang dilombakan ekobrik gapura dan taman.



“Dari total sampah plastik yang dijadikan ekobrik totalnya sudah ada 70 ribu ton, itu di luar dari ekobrik yang akan dilombakan,” jelas Istri Bupati Wihaji ini.

Ia pun menuturkan, program ini sangat membantu sekali pengurangan sampah plastik yang butuh ratusan tahun untuk diurai. “Kalau dalam satu keluarga mengkonsumsi sampah platik jika pakai botol yang 600 mili 7 hari sudah satu ekobrik. Itu jelas mengurangi sampah dan ada nilai manfaatnya dan ekonomi,” tuturnya.

Sementara, Kisworo, Kepala Desa/Kecamatan Wonotunggal, menyambut baik program pengurangan sampah dengan ekobrik. Setelah terkumpul, dari TP PKK desa dan masyarakat memproses pembuatan taman dan gapura yang nantinya kita akan manfaatkan untuk kafe. “Alhamdulilah, sejauh ini warga guyub rukun, jadi setiap rumah kita bebani satu ekobrik dan setiap RT mampu memenuhinya,” pungkasnya. (nov)