3.500 Pemilih Pemula Belum Lakukan Perekaman e-KTP

by
Abi Rizal

KAJEN – Untuk memaksimalkan pendataan calon pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP, KPU Kabupaten Pekalongan ikut menurunkan tim ke desa desa dan kecamatan. Tim terjun untuk melakukan pendataan terhadap calon pemilih yang masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Pekalongan, namun belum melakukan perekaman e-KTP.

Sekadar diketahui, sebelumnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Pekalongan per tanggal 19 Oktober telah melakukan ”jemput bola” ke desa desa dan kecamatan. Dinas menurunkan petugasnya untuk perekaman bagi pemilih yang belum merekam KTP elektronik. Tercatat, ada 11.565 pemilih pemula di Kabupaten Pekalongan. Dari jumlah tersebut, sekitar 3.500 sudah terdata, namun belum melakukan perekaman e-KTP.

Komisi Pemilihan Umum sendiri, lanjut Abi, sebagai penyelenggara pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pekalongan tahun 2020 ikut mendukung kegiatan yang dilakukan Dindukcapil menurunkan timnya ke desa dan kecamatan.



Diterangkan Abi, tim dari KPU ini merupakan petugas yang berada di desa dan kecamatan di seluruh Kota Santri. ”Selain memantau, mereka juga ikut membantu pelaksanaan perekaman E KTP atau pendataan terhadap calon pemilih yang belum masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Pekalongan,” jelas terangnya.

Diterangkan, dengan adanya perekaman E KTP, diharapkan mereka yang belum terdata bisa memanfaatkan hak suaranya dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pekalongan pada 9 Desember mendatang. Di samping itu juga dapat dijadikan pemutakhiran data pemilih menjelang pesta demokrasi di Kota Santri. Dengan demikian, semua warga yang memiliki hak suara dapat menyalurkan suara sesuai dengan pilihannya masing-masing.