Tenang, Pemukiman Sekitar KIT Tak Digusur

by
PEMUKIMAN - Deretan rumah warga di Dukuh Pelabuhan, yang berada di sebelah utara rel kereta api, atau sekitar lokasi pembangunan KIT Batang

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang memastikan ratusan rumah di sekitar Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang tidak akan tergusur dengan adanya aktivitas pembangunan proyek berskala besar itu.

Diketahui, ada dua hingga tiga perkampungan di sepanjang bibir pantai, atau sebelah utara dari lokasi KIT yang Batang banyak ditinggali oleh masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan, yakni Dukuh Pelabuhan dan Celong.

“Jadi master plan untuk 450 hektar yang ada di dalam klaster pertama seluas 3.100 hektar ini sudah jadi. Di mana master plan ini untuk pembangunan kawasan yang ada di sebelah selatah jalur rel kereta api, sedang untuk pemukiman ini ada di sebelah utara rel kereta api. Sehingga tidak akan tersentuh itu pemukiman,” ungkap Ari Yudianto, Kepala Bapelitbang Batang, baru-baru ini.



Menurut Ari, selain memastikan ratusan pemukiman warga itu tidak akan tergusur, Pemkab juga memastikan pihak konsorsium pembangunan KIT Batang akan menyediakan akses keluar masuk bagi warga.

“Kemarin pada saat kita diskusi dengan pihak konsorsium, khususnya dari PT PP, kita minta agar akses jalan masyarakat ini dapat tetap terbuka lebar. Adapun jawaban dari pihak konsorsium, mereka sepakat dan akan membuatkan akses jalan baru untuk mempermudah warga,” katanya.