Cetak Santripreneur, Santri Dibekali Budidaya Ikan Lele Mutiara

by
PELATIHAN - Santri diberikan pelatihan budidaya komoditas perikanan ikan lele mutiara, Selasa (27/10/2020).

*BRPI KKP dan DKP

KOTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia melalui Balai Riset Pemulihan Ikan (BRPI) Sukamandi membekali para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ikhsan Pekalongan berupa pelatihan Pengembangan Perikanan Budidaya Berbasis Komoditas Unggul dan Kewirausahaan. Pelatihan ini agar santri terampil berbudidaya komoditas perikanan khususnya budidaya ikan lele mutiara yang merupakan hasil riset berbasis produktivitas unggul, Selasa (27/10/2020).

Penyuluh Perikanan BRPI Sukamandi, Heri Widyatman, mengungkapkan bahwa BRPI Sukamandi dibawah KKP RI memiliki tugas khusus untuk membuat riset pemulihan ikan untuk menghasilkan benih ikan unggul dan menjawab kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan performa ikan-ikan budidaya.



“Pemulihan itu meningkatkan performa ikan-ikan budidaya yang sudah dibudidayakan masyarakat ketika mengalami penurunan performa kami tingkatkan melalui proses pemulihan seperti ikan lele mutiara ini kami kembangkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ikan lele di tengah masyarakat yang mengalami penurunan performa pertumbuhan, efisiensi pakan, ketahanan penyakit dan sebagainya,” terang Heri.

Heri menambahkan, BRPI Sukamandi melaksanakan riset pemulihan yang salah satu bagiannya adalah melakukan uji perbandingan mutu lokasi di beberapa daerah dan sistem yang salah satu yang dikembangkan adalah budidaya ikan lele mutiara dengan sistem bioflok untuk mendukung pesantren entrepreneur.

“Kami melakukan uji di beberapa daerah dan sistem budidaya ikan lele mutiara dengan bioflok melalui program pesantren entrepreneur, apakah nanti ikan lele mutiara dengan keunggulannya 20 hingga 50 persen lebih baik pertumbuhannya, ketika diuji di sistem bioflok juga memiliki keunggulan serupa sehingga tentunya bermanfaat dan berdampak dalam meningkatkan perekonomian untuk masyarakat luas,” papar Heri.