Target PAD Pariwisata Terlampaui

by
RAMAI PENGUNJUNG - Meski menerapkan protokol kesehatan, destinasi wisata Batang Dolphin Center tetap ramai dikunjungi di masa new normal.

*Per Oktober Terealisasi Rp 1,5 Miliar

BATANG – Pasca new normal, aktivitas pariwisata di Batang mulai kembali bergairah. Hal ini terbukti dengan terpenuhinya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini yang sudah berhasil tercapai, yakni Rp 1,2 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Batang, Wahyu Budi Santoso mengatakan, realisasi target PAD sektor pariwisata Batang hingga Oktober ini bahkan sudah tembus Rp 1,5 miliar, dan diprediksi akan mencapai Rp 1,7 M di akhir tahun.



“Dari awal penetapan kita ditarget Rp 3 Miliar. Tetapi pada saat kita rekonsiliasi pendapatan awal refocusing saat pandemi ini turun sampai Rp 1,2 miliar, karena prediksi kita pariwisata akan mandek sampai Agustus dan September mulai beroperasi. Tapi saat ini kami sudah Rp 1,5 miliar dan prediksi kami akhir tahun sudah sekitar Rp 1,7 miliar,” jelas Wahyu.

Diakuinya, adanya kenaikkan pengunjung juga turut mendukung target realisasi PAD ini. Bahkan prosentase kenaikkan pengunjung sama dengan keadaan normal sebelum adanya pandemi. Tak hanya itu, jika dibandingkan tahun sebelumnya, per bulan Juli-September ini justru meningkat. Kenaikan pengunjung ini didominasi dari luar Batang.

“Walaupun sempat berhenti, mulai Juli-September kunjungannya sudah meningkat dari tahun lalu. Tapi hanya dibandingkan dengan bulan-bulan itu saja ya. Karena kalau rata-rata kita pasti turun karena berhenti dari Maret hingga Juli akhir. Tapi jika dibandingkan dengan bulan yang sama di bulan-bulan ini kunjungan masyarakat naik sekitar 30-40 persen. Mungkin karena masyarakat sudah jenuh berada di rumah,” jelasnya.