Selain KIT, Batang Tawarkan KI BIP Tulis

by
Ari Yudianto, Kepala Bapelitbang

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menawarkan dua kawasan industri untuk dapat menampung sejumlah investor baik dari dalam maupun luar negeri yang akan menanamkan modalnya di wilayah setempat.

Dua kawasan itu, yakni Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang masuk wilayah Kecamatan Banyuputih dan Gringsing, dan Kawasan Industri (KI) Batang Industrial Park (BIP) yang berada di Sigayung, Kecamatan Tulis.

“Ya, jadi Batang itu punya dua kawasan industri. Para investor mempunyai pilihan, kalau ingin menempati lahan di KIT Batang maka hanya akan dikenakan beban biaya sewa saja. Namun, jika para investor ingin menempati lahan di KI BIP, akan menggunakan sistem beli,” ujar Kepala Bapelitbang Batang, Ari Yudianto, kemarin.



Adapun dijelaskan Ari, KI BIP memiliki luasan lahan kurang lebih 287 hektar. Di mana saat ini masih dalam proses pengerjaan cut and fill oleh PT Intiland Development Tbk selaku konsorsium KI BIP.

“Jadi tanah HGU ini dikelola oleh PT Sigayung, dan saat ini tengah dikerjakan proses cut and fill oleh PT Intiland. Sehingga, apabila ingin mengetahui persis berapa harga jual tanah di dalam KI BIP ini, bisa menanyakan langsung pada dua PT tersebut selaku konsorsium,” katanya.