Wisata Makam Sapuro Tetap Bertahan di Masa Pandemi

oleh -
WISATA - Wisata kampung religi Makam Sapuro yang nampak aktivitas peziarah.

KOTA – Perputaran roda ekonomi di tempat wisata religi Makam Sapuro mengalami penurunan selama masa pandemi. Kendati demikian, pengurus makam serta masyarakat setempat yang menggantungkan penghasilan dari wisata ini tetap bertahan dengan berbagai macam kondisi.

“Untuk kunjungan di masa pandemi tetap menurun dibanding sebelumnya. Ramainya itu biasanya dari ahad sampai sabtu, kalau hari biasa ya ngga tentu,” ungkap Ahmad Soleh, Pengurus Kamtib Makam Sapuro, kemarin.

Meski pandemi, lanjut Soleh, namun ada saja pengunjung yang datang meskipun tidak sebanyak saat normal. Kebanyakan pengunjung justru dari luar kota, seperti Bogor, Tangerang, dan sekitarnya. Selama pandemi, wisata religi makam sapuro tetap buka namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Di sini kan menyediakan sarana dan prasarana protokol kesehatan mulai dari tempat cuci hingga ada spanduk himbauan pula. Tak lupa kita himbau langsung ke peziarah untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut. Jadi pengurus selalu mengingatkan,” jelasnya.

Dan dengan pemberlakukan protokol kesehatan yang ketat, wilayah makam yang masuk Kelurahan Sapuro Kebulen masih masuk zona hijau dari penyebaran Covid-19.