Simulasi Rekapitulasi Elektronik

by
SIMULASI - KPU Kabupaten Pekalongan selama dua hari menggelar Simulasi Rekapitulasi secara elektronik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan selama dua hari menggelar Simulasi Rekapitulasi secara elektronik di aula setempat.
Simulai Rekapitulasi elektronik dilakukan untuk mempersiapkan penghitungan secara cepat karena pelaksanaan pemungutan suara tinggal beberapa pekan lagi. Aplikasi kali ini adalah menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) elektronik, yang akan digunakan dalam Pilkada 2020.

Kegiatan serentak tingkat nasional ini dilaksanakan dengan sistem daring selama 2 hari, oleh KPU RI yang diikuti oleh KPU Daerah se- Indonesia. Adapun Simulasi Sirekap ini sebelumnya telah sukses dilaksanakan di Kota Depok Jawa Barat pada september 2020.



Hal itu dibenarkan Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pekalongan, M Ahsin, Senin (26/10/2020). Kata dia, kegiatan ini bertujuan menguatkan pemahaman penyelenggara pilkada, terutama penyelenggara adhoc dari tingkat PPK sampai dengan KPPS, atas sistem informasi yang tergolong baru.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar teman teman mudah mengakses dalam menulis dan menghindari adanya kesalahan kesalahan menyalin C1 ke C yang lain, ” katanya.

Adapun sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik ini menurutnya juga diharapkan menjadi sarana bagi masyarakat untuk dapat mengakses hasil pemilihan umum secara langsung, yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang. (yon)