RSUD Bendan Tambah Empat Ruang Bertekanan Negatif

by
Direktur RSUD Bendan, Junaidi Wibawa.

KOTA – RSUD Bendan menambah empat ruangan bertekanan negatif yang dilengkapi dengan ventilator. Ruangan tersebut diperuntukan bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala berat. Penambahan empat ruangan itu melengkapi dua ruang bertekanan negatif yang sebelumnya sudah dimilik RSUD Bendan.

“Total ruang perawatan untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD Bendan ada 18 tempat tidur. Sebelumnya hanya dua yang bertekanan negatif dan dilengkapi ventilator. Kini kami tambah empat ruangan lagi,” ungkap Direktur RSUD Bendan, Junaidi Wibawa.

Selain enam ruang bertekanan negatif, RSUD Bendan juga memiliki 12 ruang perawatan untuk pasien Covid-19. Selain itu, RSUD Bendan juga memfungsikan ruang IGD dengan kapasitas empat tempat tidur untuk isolasi dan perawatan pasien dengan gejala Covid-19 namun belum diketahui hasil swab test.



Dikatakan Junaidi, RSUD Bendan menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 lini kedua sehingga menjadi rujukan bagi pasien Covid-19 dari wilayah lain seperti Pemalang, Batang dan Kabupaten Pekalongan. Sehingga selama ini kapasitas ruang isolasi RSUD Bendan selalu penuh. “Untuk yang dirawat, 50 persen dari Kota Pekalongan, kemudian selanjutnya dari Kabupaten Pekalongan dan Batang,” tambahnya.

Jika dalam kondisi penuh, lanjutnya, maka ketika ada pasien masuk yang membutuhkan perawatan akan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya. Selama ini, jika kondisi ruang isolasi penuh RSUD Bendan merujuk pasien Covid-19 ke RSUD Kraton maupun langsung ke RSUP Kariyadi, Semarang.(nul)