Siap Menjadi Lembaga Diklat Kemaritiman

by
KERJA SAMA - SMK Muhabat menjalin kerja sama dengan BP3IP Sunter Jakarta Utara.

*SMK Muhabat Melaksanakan MoU dengan BP3IP Sunter

BATANG – SMK Muhammadiyah Batang (SMK Muhabat) terus berkomitmen mengembangkan sayap di Kompetensi Kemaritiman. Tak hanya tengah membangun laboratorium kemaritiman, pihaknya kini juga bersiap menjadi lembaga diklat kompetensi kemaritiman.

Keseriusan ini ditunjukkan menggandeng Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Sunter – Jakarta Utara. Kerja sama ini pun secara resmi dimulai dengan melaksanakan MoU dengan BP3IP Sunter – Jakarta Utara, Senin (26/10/2020).



“Ini salah satu upaya kami untuk terus maju meningkatkan kualitas SMK Muhabat. Alhamdulillah kini kami tengah membangun laboratorium kemaritiman, dan tidak berhenti di situ saja. Tentunya harus ada keberlanjutan dari adanya laboratorium kemaritiman ini. Salah satunya kami bertekad untuk menjadi lembaga diklat kompetensi kemaritiman,” jelas Kepala SMK Muhabat, Harliyandri Iqbal N.

Dijelaskan, hal ini dilaksanakan untuk mendukung lulusannya terjun ke dunia industri, usaha maupun kerja (iduka). Sehingga dengan menjadi lembaga penyelenggara diklat, pihaknya dapat mengembangkan lulusannya sesuai dengan keahlian. Dan keahlian ini pun tidak perlu diragukan lagi, lantaran sudah tersertifikasi melalui adanya lembaga diklat.

“Kami harap SMK Muhabat mampu menjadikan lulusan Kemaritiman lebih berdaya saing di dunia Maritim Indonesia. Insya Allah kedepan dalam beberapa tahun SMK Muhammadiyah Batang dapat mengeluarkan Sertifikat Kompetensi Kemaritiman sendiri. Sehingga nantinya lulusan kami bukan lulusan kaleng-kaleng, karena sudah memiliki kompetensi yang tersertifikasi,” harapnya. (nov)