Tak Netral, Ratusan Calon KPPS Masuk SIPOL

by
MEMINTA - Saat di KPU Kendal, Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kendal Achmad Ghozali meminta KPU dalam lakukan perekrutan KPPS lebih cermat lagi.

KENDAL – Ratusan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada Pilbup Kendal 2020 terindikasi tidak netral. Pasalnya ratusan calon KPPS yang sedang dibentuk KPU Kendal tersebut masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

“Itu hasil temuan pengawasan kami. Data calon KPPS di Kendal banyak yang masuk SIPOL, yakni 103 orang. Padahal KPPS harus netral dan tidak terlibat dalam partai politik,” kata Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kendal Achmad Ghozali, Senin, (26/10/2020).

Ketua Bawaslu Kendal Odilia Amy Wardayani mengungkapkan, terhadap temuan ini, pihaknya telah melayangkan surat rekomendasi kepada KPU Kendal sebagai saran perbaikan. Saran perbaikan itu tertuang dalam surat Nomor 949 Tahun 2020 kepada KPU Kendal berisi ratusan nama calon KPPS yang masuk SIPOL.



“Dalam surat itu agar temuan pengawasan kami segera ditindaklanjuti KPU Kendal,” ungkapnya.

Odilia meminta bahwa KPU Kendal dalam melakukan perekrutan KPPS supaya lebih cermat. “KPU Kendal harus lebih cermat lagi serta mengontrol dan memastikan rekomendasi dan saran perbaikan yang diberikan Bawaslu Kendal, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa ditindaklanjuti dengan bukti tindaklanjut,” ujarnya.

Odilia menambhakan, Bawaslu Kendal beserta Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa akan terus melakukan pengawasan rekrutmen KPPS. Sebelumnya saat rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Bawaslu Kendal juga mengirim surat rekomendasi terkait data calon PPDP yang masuk SIPOL.

“Pengawasan akan terus kita lakukan sehingga nantinya benar-benar dipastikan tak ada KPPS yang masuk SIPOL,” pungkasnya. (lid)