Batang Zona Merah, Kafe dan Karaoke Tetap Buka

by
Sejumlah kafe dan karaoke yang ada di tepi jalur Pantura Batang sudah buka. Istimewa

*Surat Edaran Bupati Belum Dicabut

BATANG – Sebagian besar tempat hiburan karaoke yang ada di Kabupaten Batang, saat ini sudah buka atau beroprasi. Padahal, saat ini status Batang masuk zona merah atau resiko tinggi penyebaran Covid-19.

Berdasarkan pantau di lapangan, hampir sebagian besar kafe dan karaoke yang berada di pinggir jalur Pantura saat ini sudah buka. Padahal, selama ini Pemkab Batang tidak pernah mengeluarkan Prosedur Operasi Standar atau Standar Operasional Prosedur (SOP) tempat hiburan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Disisi lain, Surat Edaran Bupati tentang larangan buka sementara kafe dan karaoke tertanggal 17 Maret Tahun 2020 dengan Nomor Surat 556/260/2020 belum dicabut.

“Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga-red) hingga detik ini belum mengeluarkan izin untuk pembukaan tempat hiburan dimasa adaptasi kebiasaan baru. Tapi rata – rata mereka sudah mulai buka dan beranggapan sudah menerapkan protokol kesehatan dengan mengunduh sendiri,” ungkap Kepala Disparpora Batang, Wahyu Budisantoso, kepada awak media, Senin (26/10/2020).

Wahyu menegaskan, dimasa adaptasi kebiasaan baru saat ini, Surat Edaran terkait larangan buka sementara kafe dan karaoke belum dicabut. Mengingat tempat hiburan seperti karaoke dan lainya sangat rentan sekali menjadi tempat penyebaran Covid-19.

“Secara otomatis mereka buka sendiri, karena nyatanya sudah pingin membuka usahanya. Dan saat rata-rata kafe dan karaoke belum mengantongi izin usaha. Dan kami dari pihak Diparpora sudah melakukan teguran melalui pengurus paguyuban usaha tempat hiburan,” jelas Wahyu.

Melalui paguyuban, lanjut Wahyu, Disparpora menghimbau agar pemilik usaha kafe dan karaoke harus menaati protokol kesehatan. “Sedangkan untuk operasi penertiban maupun operasi yustisi terkait penerapan protokol kesehatan dalam rangka antisipasi penularan covid-19, sudah menjadi ranah Satpol PP dan tim gabungan,” tandasnya. (don)