Peserta PBI JKN-KIS Akan Dapat Vaksin Gratis

by

KOTA – Pemerintah mulai mempersiapkan pemberian vaksin untuk masyarakat dalam rangka pengendalian Covid-19. Selain menentukan kelompok prioritas penerima vaksin tahap pertama, Pemerintah juga berencana memberikan vaksin secara gratis bagi masyarakat menengah ke bawah, termasuk para peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN-KIS BPJS Kesehatan.

‚ÄúSpiritnya memberikan secara gratis kepada kelompok menengah ke bawah, termasuk Peserta PBI BPJS Kesehatan yang disubsidi Pemerintah. Vaksinasi dibagi dua. Ada kelompok masyarakat yang diberikan gratis oleh pemerintah dan ada yang mandiri. Tentu, kembali kalau sudah kelas menengah ke atas diharapkan bisa bayar sendiri,” ungkap Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Raden Pardede, dalam acara Media Workshop yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, Kamis (22/10/2020) hingga Jumat (23/10/2020).



Raden mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyisir data peserta PBI JKN-KIS BPJS Kesehatan. “Dari angka-angka yang ada, nanti akan di-fix-kan. Pemerintah masih melakukan filter dan menyisir semua data,” tambahnya.

Media Workshop digelar BPJS Kesehatan secara virtual. Masing-masing kantor cabang dan kantor wilayah, mengundang sejumlah media massa di wilayah kerjanya untuk turut serta dalam kegiatan yang diikuti sekitar 700 media massa se Indonesia itu.

Dalam dua hari workshop, terdapat tiga tema yang dibahas dengan sejumlah narasumber. Tema pertama adalah ‘Menjaga Keberlangsungan Program JKN-KIS’, tema kedua ‘Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Pandemi Covid-19’ dan tema ketiga ‘Optimalisasi Layanan Jaminan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19’.