Ditemukan 20 Klaster Rumah Tangga di Kota Santri

by
Setiawan Dwiantoro

KAJEN – Masyarakat diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, penyebaran virus corona di Kota Santri kian meningkat. Dalam dua hari ini saja ada 11 penambahan kasus baru. Sebagian besar berasal dari klaster rumah tangga.

Hingga Kamis (22/10/2020) kemarin, sudah ditemukan ada 20 klaster rumah tangga. Padahal, sepekan sebelumnya masih 11 klaster rumah tangga. Dalam satu keluarga itu, ada dua hingga lima anggotanya yang terpapar virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, Kamis (22/10/2020), menyatakan, dalam dua hari ini ada lonjakan kasus yang lumayan tinggi. Penambahan kasus corona ini dari hasil tracking atas temuan kasus sebelumnya.



“Penambahan cukup banyak. Dari Siwalan juga ada dari klaster rumah tangga,” terang Wawan.

Wawan mengatakan, dengan adanya penambahan kasus Covid-19, klaster rumah tangga bertambah dari 11 klaster menjadi 20 klaster. Sedangkan klaster perkantoran bertambah satu, yakni di Puskesmas Karanganyar. Sehingga, ada empat klaster perkantoran di Kabupaten Pekalongan, yakni DPU, DPRD, Dinkes, dan Puskesmas Karanganyar.