Mantan Karyawan DPS Divonis Tiga Tahun

by
VIRTUAL - Di tengah pandemi Covid-19, Kejaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan menggelar persidangan dilakukan secara virtual.

**Kerugian Capai Ratusan Juta

KAJEN – Seorang mantan karyawan Koperasi Simpan Pinjam DPS Kajen, Brian Andita Putra, divonis tiga tahun penjara dalam sidang Pengadilan Negeri Pekalongan yang dilakukan secara virtual, Rabu (21/10/2020). Putusan tersebut satu tahun lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Dalam sidang agenda mendengar keputusan majelis hakim itu dilakukan secara virtual karena saat ini masih ada pandemi covid 19. Sementara hasil dari sidang yang dipimpin hakim Ketua Elin Pujiastuti SH MH, terdakwa dalam perkara ini divonis tiga tahun dipotong masa tahanan.

Dalam dakwaan perkara ini, terdakwa yang tinggal di Desa Bojong Wetan, Kecamatan Bojong, merupakan Kepala Pos KSP DPS Kajen 2 sejak tahun 2017. Adapun tugasnya meng-approve pinjaman nasabah dan tagihan, mempromosikan program pinjaman, bertanggung jawab atas kemacetan kredit nasabah, dan komplain pengaduan dari nasabah. Namun dalam menjalankan tugasnya, Brian ternyata melakukan tindakan yang dianggap merugikan perusahaannya dengan menggunakan uang sebesar lebih kurang Rp 168 juta.

Sementara aksi kecurangannya tersebut diketahui ketika ada audit dan pemeriksaan terhadap keuangan yang ada di KSP DPS Kajen 2. Ditemukan sejumlah adanya selisih BPKB yang menjadi jaminan pinjaman para nasabah. Kemudian pihak perusahaan melakukan pengecekan langsung ke lapangan dengan menemui sejumlah nasabah.

Tindakan terdakwa yang berlangsung sekitar dua tahun lamanya ini lalu oleh pihak perusahaan dan dilaporkan kepada pihak berwajib di tahun 2020 dan ditahan. Selama menjalani tahanan, terdakwa mengikuti beberapa kali persidangan mulai dari pemeriksanaan saksi-saksi hingga agenda tuntutan.