Pancaroba, Waspadai Angin Kencang

by
WASPADAI POHON TUMBANG - Masyarakat yang melintasi jalur pegunungan untuk mewaspadai bahaya pohon tumbang selama musim pancaroba dan musim hujan.

**Puncak Musim Hujan Diprediksi Januari-Februari 2021

KAJEN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai serangan angin kencang selama musim pancaroba ini.

Imbauan itu dilontarkan Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, kemarin. Menurutnya, selama musim pancaroba ini sudah ada beberapa kejadian angin kencang. Sejumlah rumah warga pu nya ada yang rusak.

“Di masa pancaroba ini terjadi beberapa bencana angin kencang. Di antaranya telah menyebabkan rumah rusak di Desa Ambokembang, Kecamatan Kedungwuni, di Desa Langensari dan Kesesi di Kecamatan Kesesi,” terang Budi Raharjo.

Selain itu, lanjut dia, sudah ada beberapa kali kejadian pohon tumbang akibat angin kencang, yaitu di Jalan Raya Lebakbarang, Jalan Raya Bojong, dan di Jalan Raya Kedungwuni.

Untuk mengantisipasi kejadian angin kencang, pihaknya sudah menyiapkan chainsaw dan personel.

“Alat chainsaw kita sudah siap semua Insya Allah dengan rekan-rekan relawan termasuk PMI. Untuk alat kami siap. Insya Allah jika ada kejadian, kami dari BPBD bersama teman-teman relawan, TNI, dan Polri siap untuk membantu,” kata dia.