Vaksinasi Covid-19 di Jateng Dimulai November, Prioritas Tenaga Kesehatan Dan Petugas Lapangan

by
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

Pemerintah berencana melakukan vaksinasi pada bulan November mendatang. Rencananya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memprioritaskan tenaga kesehatan dan petugas lapangan untuk mendapat vaksin tersebut.

Ganjar mengatakan meski baru mendapat kuota vaksin sedikit, namun pada tahap kedua Jawa Tengah akan mendapat dalam jumlah cukup besar.

“Kita sudah dilatih menyiapkan ini. Namun di tahap pertama, kuotanya belum banyak, masih ratusan. Tahap berikutnyaa baru agak banyak, sekitar 2,5 juta vaksin,” kata Ganjar di Semarang, Selasa (20/10).



Ganjar mengatakan selain tenaga kesehatan, petugas lapangan yang akan diprioritaskan adalah TNI/Polri dan Satpol PP. Menurutnya, mereka dianggap memiliki resiko tinggi karena setiap hari bertugas ke lapangan.

“Atau juga pada masyarakat yang tiap hari menjalankan kegiatan di tempat terbuka. Misalnya pasar, angkutan dan lainnya. Saya kira, mereka perlu mendapat prioritas,” jelasnya.

Ganjar menegaskan, pemerintah sedang berusaha sekuat tenaga dalam rangka program vaksinasi ini. Kata dia, Pemerintah telah mencari beberapa sumber vaksin dari berbagai negara dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan.

“Syukur akan muncul dari dalam negeri, sehingga bisa memenuhi. Mungkin vaksinnya itu tidak hanya satu, tapi beragam tergantung kapasitas dan kemampuan. Saya kira pemerintah sudah memikirkan jumlahnya itu,” jelasnya.

Meski demikian, Ganjar meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Dia juga mengimbau masyarakat tidak memberikan stigma negatif pada orang yang dinyatakan positif Covid-19. (jie/rmoljateng)