Tetap Lestarikan Budaya, Meski Pandemi

by
BERLATIH - Siswa Pondok Modern Selamat saat berlatih menari di tengah pandemi.

BATANG – Meski di tengah pandemi, semangat santri Pondok Modern Subah tetap bergelora untuk melestarikan budaya. Salah satunya dengan berlatih tari tradisional. Tari tradisional ini biasanya digelar tiap Senin, sedari pukul 13.00 WIB hingga selesai.

“Kami memberikan fasilitas bagi para pecinta seni untuk menyalurkan bakat ketrampilannya dengan dibimbing oleh guru pendamping yang mempunyai skill di bidang tari. Tentunya pelaksanaan di tengah pandemi ini tetap menerapkan protokol kesehatan,” terang Kepala SMP Pondok Modern Selamat, Sri Hartinah SPd saat diwawancarai, Sabtu (17/10/2020).

Dijelaskan, tari yang diajarkan ada berbagai macam, mulai dari tari tradisional daerah yang khas dengan gerakan lemah lembut di setiap gerakkanya yang penuh makna dengan konsentrasi penuh hingga tari modern yang memadu padankan keatifitas gerakan dengan kolaborasi iringan musik berbagai genre. Melalui wiraga, wirama, dan wirasa yang bersinergi membentuk suatu sajian seni yang apik seni tari mampu mewujudkan suatu hiburan kepuasan batin bagi para penonton.



Pihaknya berharap melalui pemberian ketrampilan seni tari di Pondok Modern Selamat Batang akan menumbuhkan berbagai kecerdasan khususnya kecerdasan kinestetik, serta belajar untuk dapat mengapresiasi keberagaman budaya Indonesia melalui gerakan tariannya. Pembelajaran seni tari mendorong terbentuknya life skill (kecakapan hidup) bidang seni yang jika dikembangkan akan sangat berguna bagi masa depan seseorang, baik secara fisik, psikis maupun materi. Sehingga mereka memiliki kemampuan SDM yang berkualitas.

“Banyak sekali manfaat mempelajari seni tari sejak dini. Seperti fisik dan koordinasi mantap, melatih disiplin, meningkatkan kreatifitas dan kepercayaan diri, belajar bekerjasama sehingga mereka tidak melulu berkompetisi. Tapi juga banyak kemampuan yang lain,” imbuhnya.