20 Anggota Fatayat NU Dilatih Usaha Katering

by
SAMPAIKAN MATERI - Perwakilan dari Kemnaker RI, Hizanatur Rohmah menyampaikan materi saat menjadi narasumber dalam pelatihan usaha katering yang digelar PC Fatayat NU Kota Pekalongan bekerjasama dengan Kemnaker RI.

KOTA – PC Fatayat NU Kota Pekalongan bekerjasama dengan Kementrian Tenaga Kerja RI menggelar pelatihan usaha katering atau tata boga kepada 20 anggotanya. Pelatihan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar PC Fatayat NU bersama dengan Kemnaker setiap dua tahun sekali. Dalam pelatihan yang digelar di Gedung Aswaja, Jumat (16/10/2020) tersebut, mengambil tema pelatihan katering untuk makanan besar.

“Ini sudah yang ketiga kali. Setiap dua tahun sekali kami bekerjasama dengan Kemnaker selalu menggelar pelatihan bagi anggota PC Fatayat NU Kota Pekalongan. Sebelum ini, pelatihan yang diberikan adalah katering tapi khusus snack dan pelatihan menjahit,” ungkap Ketua PC Fatayat NU, Hj Faizah SPd.

Dalam pelatihan kali ini, peserta yang berasal dari empat PAC Fatayat mendapatkan materi pelatihan secara umum dari dua narasumber yakni Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Slamet Hariyadi dan perwakilan Kemnaker RI, Hizanatur Rohmah. Sedangkan untuk praktik, Fatayat menggandeng instruktur dari Prambanan Catering.



Dikatakan Faizah, melalui pelatihan itu para peserta nantinya akan disalurkan dalam usaha katering yang dimiliki Koperasi Yasmin milik PC Fatayat NU. Selain itu, mereka juga diharapkan memiliki bekal untuk membuka usaha katering secara mandiri. “Jadi sekali mendayang dua pulau terlampaui. Untuk pelatihan sebelumnya, katering khusus snack sudah berjalan lewat Koperasi Yasmin. Sedangkan pelatihan menjahit, juga telah dihubungkan dengan jaringan anggota Fatayat yang memiliki usaha konveksi,” katanya.

20 peserta yang ikut dalam pelatihan kali ini, lanjutnya, tak seluruhnya merupakan juru masak namun dibagi dalam beberapa tugas. “Jadi ada yang memang ada yang juru masak, ada juga yang petugas pemasaranya. 20 peserta ini sudah dibagi dan punya tugas masing-masing,” tambahnya.

Selain untuk pelatihan, pihaknya juga mendapatkan alokasi untuk pembelian barang yakni alat katering. Alokasi anggaran tersebut, sudah disepakati bahwa akan dibelikan peralatan katering yang nantinya menjadi inventaris bersama dalam Koperasi Yasmin.(nul)