Hujan, Lampu Penerangan Jalan Kerap Padam

by
PENGHUJAN - Memasuki musim penghujan, lampu wilayah Petungkriyono kerap padam.

Memasuki musim penghujan bahkan cuaca ekstrem, lampu wilayah Petungkriyono kerap padam. Hal itu dikarenakan adanya gangguan jaringan terkena pohon ataupun ranting.

Lampu padam seperti terjadi di wilayah Desa Kayupuring. Lampua padam terjadi tidak satu atau dua jam, bahkan beberapa hari terakhir listrik padam hingga dua hari. Dengan padamnya listrik, warga mengalami kesulitan komunikasi karena tidak bisa mengisi baterai HP.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono, Cahyono ketika ditemui, Kamis (15/10/2020). Kata dia, jaringan PLN yang masuk ke wilayahnya dari Banjar Negara. Namun memasuki musim penghujan saat ini sering terjadi gangguan dan lampu sering padam.

Dengan kejadian itu, pihaknya terus berusaha komunikasi dengan petugas Banjar Negara supaya cepat dilakukan perbaikan. “Ya kendalanya karena di daerah kami sering hujan. Kalau ada pohon atau batang yang menempel ke jaringan listrik otomatis lampu padam dan perbaikan memakan waktu cukup lama,” katanya.

Dengan lampu kerap padam, HP yang dibawa sering kehabisan karena tidak bisa mengisi. Kalaupun mau charger harus menunggu lampu nyala atau menumpang.

“Sampai saat ini masih ada warga yang menggunakan PLTMH memakai Kincir untuk penerangan. Tapi dengan sering hujan juga beresiko Kincir bisa terbawa banjir, ” ungkapnya. (Yon)