KPU Tetapkan DPT 222.667 Jiwa

by
TANDA TANGAN - Ketua KPU bersama Komisioner disaksikan Anggota Bawaslu saat menandatangani berita acara penetapan DPT.

KOTA – KPU Kota Pekalongan menggelar rapat pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilwalkot tahun 2020. Dalam pleno yang digelar di Aula KPU, Kamis (15/10/2020) tersebut, KPU menetapkan DPT untuk Pilwalkot sebanyak 222.667 pemilih.

“Menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilwalkot tahun 2020 sebanyak 222.667 pemilih yang tersebar di empat kecamatan, 27 kelurahan, dan 593 TPS,” kata Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Toha.

Jumlah DPT tersebut, merupakan hasil rekapitulasi dari DPSHP yakni Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 223.604 ditambah pemilih baru sebanyak 1.387 dan dikurangi pemilih Tidak Memenuhi Syarat sebanyak 2.363 pemilih.

Sempat terjadi perdebatan terkait jumlah DPT yang berbeda antara hasil rekapitulasi di tingkat kelurahan dan kecamatan dengan hasil rekapitulasi di KPU. Anggota Bawaslu Kota Pekalongan, Nasron, mempertanyakan adanya perbedaan jumlah DPT tersebut. “Kami melihat data pemilih baru ini bukan yang sebenarnya. Ada pemilih baru yang berasal dari pemilih TMS,” katanya.

Terkait hal itu, Anggota KPU Mursyid Salimi menjelaskan bahwa memang ada perbedaan antara hasil rekapitulasi manual dengan data yang ada di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Perbedaan terjadi karena saat upload ke Sidalih terjadi kesalahan sehingga dilakukan dua kali TMS.