Bantuan Kuota Kemendikbud Belum Merata

by
Drs Sabar Mulyono, Sekretaris Disdikbud

*Kewenangan Pusat, Disdikbud Angkat Tangan

BATANG – Bantuan subsidi kuota yang digelontorkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk guru dan siswa dalam kegiatan belajar dalam jaringan, ternyata realisasinya belum merata.

Seperti diungkapkan Kepala SDN Proyonanggan 11, Amiril. Ia mengatakan, bahwa belum semua guru dan siswa menerima subsidi kuota. “Kita punya 13 guru dan 283 siswa,” bebernya.

Ia pun menyatakan, bahwa tidak semua kuota subsidi bisa dimanfaatkan. Sebab, ada sejumlah pembelajaran yang tidak menggunakan aplikasi dalam jatah subsidi. “Misal quisiz atau google form, yang tidak dijatah dalam kuota, sehingga tetap harus menggunakan kuota reguler,” jelasnya.

Ditanya perihal kondisi itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang angkat tangan ketika membahas subsidi kuota dari Kemendikbud tersebut. Sebab realisasi program itu sepenuhnya ditangani pusat.

Sekretaris Disdikbud, Drs Sabar Mulyono mengatakan, pihaknya tidak ada kewenangan untuk melakukan monitoring terkait hal itu. “Jadi tidak ada laporan dari sekolah, murid, serta tidak ada konfirmasi dari kementrian berapa yang diajukan atau yang cair,” ujar dia di kantornya, Rabu (14/10/2020).