Seluruh ASN di Pekalongan Utara Dites Usap

by
Camat Pekalongan Utara, Sri Karyati SSTP

PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan terus menggalakkan tes usap (swab test) massal, menyusul meningkatnya perkembangan kasus Covid-19 di wilayahnya. Rabu (14/10/2020) kemari giliran jajaran ASN kantor kelurahan dan Kecamatan Pekalongan Utara.

“Tes swab kali ini dilakukan kepada 73 pegawai dari kecamatan dan kelurahan di Kecamatan Pekalongan Utara, 4 pegawai dari Organisasi Perangkat daerah (OPD) lain, dan 6 warga sekitar,” Ujar Camat Pekalongan Utara, Sri Karyati SSTP.

Karyati mengatakan, dilakukannya tes swab massal di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara ini disebabkan akhir-akhir ini para petugas di wilayah setempat disibukkan dengan pengurusan bantuan sosial Covid-19 sehingga sering kontak dengan banyak warga. Selain itu, menurut Karyati angka penambahan kasus positif Covid-19 di Kecamatan Pekalongan Utara juga tinggi.



“Sehingga sebagai pelayan masyarakat kami menilai ASN harus sehat utamanya dari Covid-19 untuk memberikan pelayanan yang prima bagi warganya,” tandas Karyati.

Karyati menyebutkan, dari 83 orang yang menjalani tes swab di Kecamatan Pekalongan Utara, terdapat satu orang pegawai kecamatan yang terkonfirmasi positif, dan sebelumnya ada salah satu pegawai kelurahan yang juga terkorfirmasi positif. “Keduanya adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang tengah dikarantina di Gedung Diklat,” terang Karyati.

Ditambahkan Karyati, pegawai pemerintahan yang belum mengikuti swab akan diusulkan untuk dijadwalkan ulang dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. “Kemarin ada pegawai yang belum ikut swab karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan, sudah kami usulkan untuk ikut agenda swab berikutnya,” pungkas Karyati. (ap3)