Inovasi, JDIH Batang Gandeng Desa Hingga Mahasiswa untuk Melek Produk Hukum

by
TINJAU - Biro Hukum dan Tim Penilai JDIH Provinsi Jateng saat meninjau layanan JDIH Kabupaten Batang.

BATANG – Inovasi terus dilakukan Bagian Hukum Setda Batang dalam mensosialisasikan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang ada di Batang. Tak hanya mengupdate teknologi terkait, inovasi juga dilakukan dengan menggandeng pihak desa dan mahasiswa serta masyarakat luas agar lebih melek produk hukum.

Hal ini seperti yang disampaikan Asisten 1 Setda Batang, Retno Dwi Irianto didampingi Kepala Bagian Hukum Setda Batang, Bambang SS saat menerima kunjungan Biro Hukum dan Tim Penilai JDIH Provinsi Jateng, Rabu (14/10/2020). Dalam kunjungan tersebut, tim Biro Hukum Setda Jateng melakukan pengarahan sekaligus menanyakan sejauh mana tim JDIH Kabupaten Batang mempersiapkan kepesertaannya dalam perlombaan JDIH Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah Tahun 2020. Baik terkait sarpras dan SDM, kelembagaan, inovasi dan pembinaan anggota, serta pemanfaatan IT.

“Kami menyambut baik dan terima kasih kepada biro hukum dan tim penilai JDIH Provinsi Jateng yang sudah memotivasi dan mmebimbing kami untuk meningkatkan kinerja layanan di bidang hukum. Tentunya hal ini sejalan dengan dinamika tuntutan pelayanan publik dan keterbukaan informasi yang salah satu jawabnya adalah efektifitasnya pemanfaatan JDIH oleh publik,” jelas Retno.

Dijelaskan, bagian hukum sendiri tahun ini telah melaksanakan integrasi layanan publik dengan menggandeng pihak desa. Sehingga tak hanya produk hukum Kabupaten Batang saja, tetapi JDIH Batang juga memuat produk hukum dari semua desa yang ada di Batang.

“Sehingga kalau masyarakat butuh referensi, semuanya bisa diakses melalui satu pintu di JDIH Kabupaten Batang. Ada berbagai produk hukum Kabupaten Batang, maupun dari produk hukum pemerintah desa. Kemarin Bagian Hukum juga menggelar kompetisi esai untuk mahasiswa, di satu sisi kita menggandeng mereka untuk lebih mengenal JDIH Batang. Sisi lainnya, mereka juga turut menyumbangkan opini, kritik dan saran untuk pengembangan JDIH Batang,” imbuhnya.