Pemkot Gelar FGD Roadmap Sistem Inovasi Daerah

by
FGD - Pemkot bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Roadmap Sistem Inovasi Daerah Kota Pekalongan 2021-202 di Ruang Jetayu Setda setempat, Rabu (14/10/2020).

KOTA – Sebagai upaya memaksimalkan potensi ekonomi di Kota Pekalongan, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Roadmap Sistem Inovasi Daerah Kota Pekalongan 2021-202 di Ruang Jetayu Setda setempat, Rabu (14/10/2020).

Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSi memaparkan, penyusunan roadmap sistem inovasi daerah tersebut akan diintergrasikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “Sistem inovasi yang akan dirapatkan ini nantinya dikembangkan untuk mendukung berbagai sektor di dalam pembangunan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan mempunyai nilai tambah untuk pengembangan pembangunan daerah serta kesejahteraan masyarakat Kota Pekalongan,” ucapnya.

Sekda menyinggung bahwa sumber daya alam (SDA) dan luas wilayah Kota Pekalongan terbatas, bahkan sebagian wilayahnya terkena banjir. Berdasarkan hal tersebut, harus dipikirkan secara maksimal dalam mengembangkan potensi ekonomi yang ada. “Melihat kondisi Kota Pekalongan kita harus berpikir kreatif dan inovatif agar dapat mengembangkan sisi ekonomi kreatif sekaligus menggali potensi ekonomi yang ada, dengan harapan Kota Pekalongan yang memiliki keterbatasan SDA dapat memaksimalkan ekonominya. Oleh karena itu, BPPT dapat mendampingi dalam hal pengembangan berbagai teknologi yang dapat diperbantukan kepada Pemkot dalam mewujudkan sistem inovasi yang terencana,” ujarnya.

Diharapkan Sekda, hasil diskusi hari ini dapat menemukan kesepakatan dalam hal pengembangan dan pemanfaatan ruang yang ada di Kota Pekalongan. “Saya berharap dalam pengembangan basis ekonomi kreatif dapat mengabungkan berbagai sektor, mulai dari SDA yang handal, pertumbuhan wirausaha yang tinggi, dan pemanfaatan teknologi sehingga benar-benar mengangkat kesejahteraan masyarakat Kota Pekalongan,” pungkasnya.(dur)