Aplikasi Youtube Mempermudah Pembelajaran Praktik Wudu

by

Di susun oleh :
Rahmi, S.Pd.I
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SDN 01 Wringinagung Kec. Doro Kab. Pekalongan


Dunia sedang dilanda wabah yang membuat semua umat manusia merasa cemas bahkan ketakutan. Sebagai upaya pencegahan kemungkinan penularan Covid-19, rutinitas mengajar di kelas ditiadakan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikannya masing-masing mulai tanggal 16 maret 2020 dan diganti dengan kegiatan pebelajaran melalui moda daring.Pembelajaran daring menjadi solusi bagi guru dan peserta didik dalam hal tidak dapat melaksanakan tatap muka/luring sesuai dengan arahan Mendikbud.

Proses belajar mengajar dilaksanakan melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum. Istilah daring adalah singkatan dari “dalam jaringan” yang merupakan terjemahan bahasa Indonesia untuk istilah bahasa Inggris “online“. Para guru dan siswa dapat memanfaatkan IT seperti aplikasi Youtube, google clasroom, rumah belajar, Watshap Grup bagi sekolah yang memadai fasilitasnya. Salah satu teknik yang digunakan dalam pembelajaran daring di SDN 01 Wringinagung menggunakan aplikasi youtube. Bagi peserta didik yang tidak memiliki handphone (HP) android, dapat bergabung dengan teman yang terdekat dengan rumahnya, jadi tidak ada pemaksaan untuk semua peserta didik memiliki HP dan tidak ada alasan juga peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran daring karena adanya kelonggaran untuk dapat menggunakan HP orang tua atau bergabung dengan temannya.

Youtube adalah layanan video sharing yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan video pribadi yang dikembangkan, dari animasi untuk rekaman pribadi. Youtube adalah adalah salah satu media pembelajaran yang bisa diintegrasikan dalam pembelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Youtube bisa menjadi sumber belajar dan media pembelajaran yang bisa memenuhi tuntutan kebutuhan generasi digital. Youtube bisa meningkatkan minat dan mendukung gaya belajar generasi digital. Youtube juga akan menjadi perpustakaan video gratis yang sangat luas bagi pembelajar yang akan mendorong mereka menjadi pembelajar yang mandiri. Begitu pula yang dialami oleh siswa – siswa SDN 01 Wringinagung yang lebih bersemangat belajar materi praktik wudhu. Siswa dapat mengetahui secara detail tata cara, niat, urutan wudhu yang benar karena perkara wudhu sangat penting seperti dalam keterangan Utsman bin Affan radiyallahu’anhu berkata: “Barang siapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan salatnya sebagai tambahan pahala baginya.” Hadits riwayat Muslim.

Pembelajaran praktik wudu dengan media youtube di SDN 01 Wringinagung dilakukan dengan mengkondisikan siswa membagikan link youtube praktik wudhu, kemudian memberikan waktu kepada siswa untuk menonton dan mempraktikan tata cara wudhu yang dilihat, urutan dalam berwudhu mencakup : niat, membaca bassmallah, mencuci tangan, berkumur-kumur, membersihkan lubang hidung, membasuh muka, membasuh kedua tangan beserta kedua siku, mengusap kepala beserta daun telinga, membasuh kedua kaki beserta kedua mata kaki, berdo’a sesudah berwudhu’, serta tertib dalam mengerjakan wudhu’. Setelah itu tanya jawab tentang tata cara, niat, urutan wudhu yang benar dalam hal ini terjadi komunikasi dan diskusi antar penulis/guru dengan siswa melalui WatshaapGrup kelas. Pembelajaran diakhiri dengan pemberian tugas membuat video praktik wudhu untuk kemudian dikirim secara pribadi ke Watshaap guru. Strategi ini sangat interaktif partisipatif dalam menarik dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.