Babinsa Diminta Peka dan Miliki Wawasan Luas

by
PEMBINAAN - Para Danramil, Perwira Staf, dan Babinsa Koramil jajaran Kodim 0710/Pekalongan mengikuti Pembinaan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial di makodim setempat, Selasa (13/10/2020).

KOTA – Seluruh anggota Babinsa yang berada di tiap-tiap kelurahan atau desa masing-masing diminta untuk peka terhadap perkembangan situasi di wilayah binaan. Babinsa juga diharapkan memiliki wawasan luas agar dapat menjawab tantangan tugas.

Hal ini disampaikan Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan saat memberikan sambutan pada pembukaan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apkowil Puanter) Triwulan IV Tahun 2020 di ruang serbaguna makodim setempat, Selasa (13/10/2020).

Menurut Dandim, dalam menyelenggarakan pemberdayaan wilayah yang sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 8 dinyatakan bahwa Angkatan Darat bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial.

“Maka dari itu saya sampaikan dalam rangka menghadapi kompleksitas permasalahan pembinaan teritorial pada saat ini aparat komando kewilayahan harus peka terhadap situasi di wilayahnya agar tugas dapat berjalan dengan baik,” jelas Dandim.

Melalui kegiatan Binsiap Apkowil Puanter ini, diharapkan seluruh aparat komando kewilayahan dapat menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi yang diberikan. Dengan begitu, akan mampu mengambil langkah dan tindakan yang tepat dalam menjalankan tugas teritorial tingkat perorangan maupun tingkat satuan.