Tenang, 35% Lahan KIT Diperuntukkan Bagi RTH

by
Ari Yudianto SH, Kepala Bapelitbang

*Peluang Usaha Tinggi, Masyatakat Tak Perlu Cemas

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang memastikan, dari total 4.300 hektar lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX yang akan dikembangkan menjadi Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang itu, masih akan disisakan 35 persen untuk ruang terbuka hijau (RTH) di dalamnya.

Hal itu diungkapkankan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Batang, Ari Yudianto SH, saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

“Jadi jangan salah, yang perlu dipahami oleh masyarakat, dari 4.300 hektar yang rencananya akan terbangun industri industri besar di KIT Batang itu, tidak semuanya akan didirikan bangunan industri,” katanya.

Oleh karenanya, lanjut Ari, pihaknya menegaskan bahwa dari total 4.300 hektar itu nantinya hanya akan berdiri 65 persen bangunan industri saja, dan sisanya akan digunakan sebagai ruang terbuka hijau.

“Ya, yang akan terbangun maksimal hanya 65 persen saja. Sedang sisa lahan lainnya, masih akan dipertahankan untuk fasilitas umum, taman, dan ruang tebuka hijau lainnya,” bebernya.