Cuaca Ekstrem Melanda Wilayah Pinggiran

oleh -
EKSTREM - Cuaca ekstrem akhir akhir ini mulai melanda wilayah Kota Santri terutama daerah pinggiran pegunungan.

**Hujan Lebat Diiringi Angin Kencang

KAJEN – Cuaca ekstrem mulai melanda wilayah Kota Santri terutama daerah pinggiran pegunungan. Warga pun ikut was was. Informasi yang diperoleh, curah hujan tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah seperti Petungkriyono, Paninggaran, bahkan Kandangserang. Apalagi cuaca ekstrem terjadi pasca kemarau. Hal itu membuat warga yang tinggal di wilayah tersebut juga senantiasa berhati hati. Sebab kondisi tanah yang kering berongga karena kemarau apabila diguyur hujan deras berpotensi akan timbulnya tanah longsor.

Hal itu seperti diungkapkan Hary warga Desa /Kecamatan Paninggaran, Senin (12/10/2020).

“Kemarin saja terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Meskipun tak ada pohon tumbang namun membuat was was, terutama kami yang tinggal di daerah dataran tinggi, ” ungkap Dijelaskan, pada cuaca ekstrem seperti ini warga di pinggiran yang berpergian atau hendak pulang ke rumah selalu berkoordinasi dengan warga lainya untuk memastikan tidak ada pohon tumbang menutup jalan. Sebab sepanjang jalan dari Kajen- Paninggaran terdapat hutan karet dan pinus yang suatu saat menghalangi jalan.

“Sering si tidak, tapi warga apabila diperjalanan turun hujan maka lebih baik memilih untuk istirahat ditempat yang aman,” lanjutnya.
Hal senada diungkapkan warga Desa / Kecamatan Petungkriyono, Warsito. Kata dia, wilayahnya sering terjadi hujan. Biasanya, hujan turun usai bada Dzuhur.

“Meskipun kadang tidak deras tapi hujanya lama jadi membuat warga tak bisa beraktivitas saat sore hari, ” katanya.