Pakai Aplikasi CBT, MTs Muhammadiyah Batang Gelar PTS Online

by -
KERJAKAN - Salah satu siswa saat mengerjakan PTS menggunakan aplikasi CBT.

BATANG – MTs Muhammadiyah Batang menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT) sebagai sarana Penilaian Tengah Semeter (PTS) siswanya. Dengan CBT ini, siswa hanya perlu mengakses aplikasi dan mengklik sesuai instruksi yang tersedia, sehingga memudahkan siswa dalam mengerjakan PTS di tengah pandemi Covid-19.

Kepala MTs Muhammadiyah Batang, M Akhirudin menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah menggunakan sistem CBT ini sedari 2019, sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Sebelum adanya Corona kami sudah menggunakan aplikasi ini. Karena tujuan kami ingin berinovasi di tengah kemajuan teknologi. Dan ketika menghadapi pandemi ini, alhamdulillah kami sudah punya bekal untuk menghadapi kegiatan yang sudah berbekal online ini,” jelasnya saat diwawancarai pada Senin (12/10/2020).

Dijelaskan, di tengah pandemi Covid-19 memang ada kendala dalam pelaksanaan penilaian berbasis CBT ini. Lantaran tidak semua siswa dibekali dengan koneksi internet dan peralatan yang memadai.

“Sebelumnya kami selalu gelar kegiatan ini di sekolah. Dengan alat dan internet dari sekolah. Sehingga ketika dikerjakan dari rumah kendalanya ada di peralatan dan kuota. Solusinya, seperti murid kami yang dari panti dikerjakan di MTs. Karena jumlahnya juga 10 orang jadi kami laksanakan sesuai dengan protokol kesehatan,” imbuhnya.