Sumur Dangkal Berbau dan Keruh

by
TINJAU - Plt Bupati Pekalongan Arini Harimurti meninjau SPAM Regional Petanglong di Talun, kemarin pagi.

**SPAM Regional Petanglong Diharapkan Mampu Memenuhi

TALUN – Masyarakat di Kabupaten Batang, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan selama ini menggunakan air tanah dengan membuat sumur dangkal di sekitarnya, dengan kualitas air yang keruh dan berbau.

Akses aman air minum di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan pada tahun 2014 adalah 20,77%, 66,82% dan 44,34%.
Demikian disampaikan Direktur Umum dan Keuangan Perusahaan Daerah Air Bersih Tirta Utama Provinsi Jawa Tengah Amir Tohari saat kunjungan Plt Bupati Pekalongan Arini Harimurti di SPAM Regional Petanglong di Kecamatan Talun, Senin (12/10/2020).

Selain itu, lanjut dia, sumber air di sebagian besar wilayah mengalami penurunan kuantitas secara drastis, terutama pada saat musim kemarau.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan air untuk masyarakat direncanakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Petanglong dengan kapasitas 850 liter/detik. SPAM Regional Petanglong dibangun dengan memanfaatkan dua sumber air baku, yakni Bendung Jambangan dan Bendung Kaliboyo.

Adapun tujuan dan sasarannya adalah tersedianya air baku yang lebih handal, tersedianya air yang cukup dengan kualitas yang memenuhi standar kelayakan air minum, dan tersedianya air dengan harga yang terjangkau untuk masyarakat.