SMKN 1 WARUNGASEM Siap Layani Uji Kompetensi TPTU

by -
DIRESMIKAN - Kepala SMKN 1 Warungasem mendampingi Kepala Cabang Dinas Wilayah 13 Dinas Pendidikan Jateng, Kepala LSP Elektronika Jakarta dan perwakilan dari Mitra Usaha PT Daikin Airconditioning Indonesia saat meresmikan TUK TPTU.

BATANG – SMKN 1 Warungasem secara resmi membuka tempat uji kompetensi (TUK) untuk siswa dan teknisi pendingin dan tata udara (TPTU). Fasilitas tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Cabang Dinas wilayah 13, Dr Ernest Ceti Septyanti MSi dan dihadiri Kepala LSP Elektronika Jakarta, Drs Jusuf Bintoro MT dan perwakilan dari Mitra Usaha PT Daikin Airconditioning Indonesia, baru-baru ini.

TUK TPTU ini berstandar industri, karena dibentuk melalui kemitraan antara TPTU SMKN 1 Warungasem dengan PT Daikin Air Conditioning Indonesia. “Pembentukan TUK telah melalui beberapa tahap. Meliputi pemenuhan persyaratan dan Ketentuan, penyusunan SOP serta verifikasi TUK yang telah dilaksanakan oleh LSP Elektroteknika Jakarta. TUK TPTU SMK N 1 Warungasem, telah diverifikasi selanjutnya diberikan lisensi dari LSP Elektroteknika Jakarta yang bermitra dengan PT Daikin Airconditioning Indonesia,” jelas Kepala SMKN 1 Warungasem, Catur Puji R, saat diwawancarai pada Sabtu (10/10/2020).

Peresmian TUK TPTU ini diharapkan menjadi pionir bagi bidang kompetensi lainnya di SMKN 1 Warungasem, untuk bersama-sama mempunyai TUK yang Berstandar Industri.
Keberadaannya juga menjadi sarana peningkatan kompetensi siswa, alumni, maupun teknisi yang akan menekuni usaha maupun bekerja dalam hal pendingin dan tata udara. Manfaat yang diperoleh siswa, alumni, dan teknisi adalah selain sebagai legalitas pengakuan akan kompetensi yang dimiliki, juga membekali wawasan industri dan orientasi visioner yang diperoleh dengan melaksanakan uji kompetensi.

“Kehadiran TUK TPTU diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar siswa, daya tarik dan daya dukung masyarakat, serta menjadi sarana uji kompetensi yang kredibel untuk menghasilkan teknisi yang berkualitas dan profesional,” imbuh Catur.

Bagi sekolah, kata dia, TUK bisa mendukung terlaksananya visi misi menjadi sekolah kejuruan yang sesungguhnya. Selain itu juga mendukung terciptanya generasi kejuruan yang kompeten dan handal, sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap SMK Neswara.