DPRD Kabupaten Pekalongan Rekomendasikan tak Ada PHK di Pajitex

by
MEDIASI PERSOALAN PHK - Komisi 4 DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan mediasi persoalan PHK di PT Pajitex.

KAJEN – Komisi 4 DPRD Kabupaten Pekalongan merekomendasikan agar tidak ada PHK di PT Pajitex. Pasalnya, secara fisik, perusahaan di Desa Watusalam, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan itu tak tampak kolaps. Pasalnya, perusahaan saat ini masih membangun fasilitas perusahaan yang tampak lebih bagus.

“Komisi 4 merekomendasikan PHK tidak terjadi di Pajitex. Kami melihat fisiknya, kalau melihat ke dalam tidak mampu. Perusahaan saat ini terus membangun fasilitas yang tampak megah, sehingga alasan kolaps kami nilai tidak tepat,” kata Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Pekalongan, Kholis Jazuli.

Komisi 4 juga merekomendasikan pembenahan BPJS, baik BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, di PT Pajitex, dan dinas terkait bersama pengawas ketenagakerjaan untuk turun tangan dalam mengatasi persoalan di PT Pajitex.

Kholis Jazuli menyampaikan ketiga rekomendasi itu usai Komisi 4 memediasi persoalan ketenagakerjaan di PT Pajitex, Jumat (9/10/2020).

“Hari ini kita ada agenda menjembatani permasalahan pekerjaan pekerja di PT Pajitex dan Sendi Pratama,” kata dua.
Dikatakan, untuk persoalan di PT Sendi Pratama sudah clear. Pihak perusahaan walaupun tidak sepenuhnya memenuhi tuntutan dari karyawan, namun ada itikad baik dengan memberikan sebidang tanah sebagai pengganti pesangon.