Ada MCM, Masyarakat Bisa Cetak Sendiri KK Hingga Akte Kelahiran

by
CETAK - Salah satu masyarakat saat memanfaatkan mesin cetak mandiri milik Disdukcapil Batang.

BATANG – Masyarakat Kabupaten Batang tak perlu lagi membuang banyak waktu untuk mengurus dokumen kependudukan. Dengan mesin cetak mandiri (MCM) yang tersedia di kantor Disdukcapil Batang, kini masyarakat bisa secara mandiri mencetak dokumen kependudukan. Seperti akte kelahiran, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA) dan dokumen lainnya.

Kepala Disdukcapil Batang, Abdul Rahman menjelaskan, tahun ini di tengah pandemi pihaknya berusaha semaksimal mungkin meningkatkan layanan. Salah satunya dengan kehadiran MCM yang merupakan modifikasi dari Anjungan Dukcapil Mandiri.

“MCM ini semacam modifikasi dari rekan-rekan Disdukcapil Batang. Di mana jika menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri seperti anjuran dari pusat, anggaran kami belum memenuhi. Pasalnya satu anjungan sendiri membutuhkan anggaran sekitar Rp 170 juta, sedangkan jika dengan MCM ini hanya membutuhkan anggaran sekitar Rp 70 juta,” jelasnya.

Meski begitu, memang secara fungsi MCM belum selengkap Anjungan Dukcapil Mandiri. Lantaran MCM saat ini belum dilengkapi fitur pencetak KTP-el. Tetapi dengan kisaran harga yang lebih terjangkau, pihaknya
berharap kehadiran MCM dapat mempermudah layanan kependudukan masyarakat.

“Untuk cetak KTP-el memang belum bisa karena setelah dicetak KTP masih perlu proses enkripsi dan lainnya. Untuk MCM ini masih belum memiliki fitur tersebut. Tapi MCM ini sudah bisa mencetak KK, akte dan juga KIA. Tinggal isi form dan NIK nantinya data akan muncul dan terprint. Bagi anak-anak yang akan membuat KIA di atas 5 tahun pun disediakan perangkat kamera untuk melengkapi foto identitas mereka di MCM ini,” jelasnya.