Terminal Bayangan Gumawang Pindah ke IBC

by
RAPAT: Dinas Perhubungan menggelar rapat pemindahan bus dari terminal bayangan Gumawang ke IBC.

WIRADESA – Terminal Bayangan Gumawang rencananya akan pindah ke Internasional Batik Centre (IBC) di Jalan Ahmad Yani, Wiradesa.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro didampingi Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Purwanto, Rabu (7/10/2020), mengatakan, pemindahan bus di terminal Bayangan Gumawang ke IBC rencananya mulai tanggal 19 Oktober 2020. Hal itu sesuai dengan hasil rapat rencana pemindahan pangkalan bus di Gumawang ke IBC pada Selasa (6/10/2020). Rapat ini di antaranya dihadiri Dishub Kabupaten Pekalongan, Dishub Provinsi Jateng, Satlantas Polres Pekalongan, Muspika Wiradesa, manajemen IBC, dan 10 pengelola bus Gumawang, serta DPC Organda Kabupaten Pekalongan.

Dikatakan, pemindahan bus di terminal bayangan Gumawang ke IBC dilakukan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam rangka menertibkan jalan masuk ke Ibukota Kabupaten.

Selain itu, pemindahan terminal bayangan itu untuk kelancaran arus lalulintas, mengurangi angka kecelakaan, dan antisipasi pembukaan exit tol Bojong.

“Setelah dilakukan rapat beberapa kali akhirnya ada titik temu antara pihak manajemen IBC dan pengelola bus di Gumawang. Pengelola atau agen bus di Gumawang sepakat untuk pindah ke IBC mulai tanggal 19 Oktober 2020 dengan memberikan kontribusi ke IBC sebesar Rp 15.000 perbus perhari selama masa uji coba sampai dengan akhir Desember 2020. Setelah itu, besaran kontribusinya akan diadakan rapat kembali melihat perkembangan penumpang,” kata Wahyu.

Disinggung jumlah armada bus di terminal bayangan, ia mengatakan di masa pandemi ini kurang lebih 10-15 bus di pemberangkatan pagi, dan antara 10-15 bus di pemberangkatan malam. (had)