Sinergi, BNNK-Bawaslu Sepakat Halau Narkoba

by
KERJA SAMA - Bawaslu Batang dan BNNK Batang menandatangani kerja sama terkait program P4GN.

BATANG – Bawaslu Kabupaten Batang dan BNN Kabupaten Batang melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Kantor Bawaslu Kabupaten Batang pagi tadi, Rabu (7/10/2020). Perjanjian ini menjadi wujud sinergi keduanya untuk upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Perjanjian ditandatangani langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Batang, Achmad Soeharto bersama Kepala BNN Kabupaten Batang, Windarto. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini juga dilakukan untuk menindaklanjuti perjanjian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) beberapa waktu lalu.

“Kami mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Batang yang telah mengajak BNNK bekerjasama. Ia berharap dalam tahapan Pilkada ke depan, Bawaslu bisa lebih tanggap jika adanya indikasi dari sponsor-sponsor atau penyandang dananya dimungkinkan dari bandar-bandar narkotika. Baik perorangan maupun organisasi sebagai penyandang dana bisa kita kroscekkan bersama. Ada tidak bandar-bandar narkotika yang bermain di situ,” tegas Kepala BNNK Batang, Windarto.

Lanjut, Achmad Soeharto menyampaikan pihaknya selama ini berkomitmen mendukung upaya P4GN yang dilaksanakan BNN. Tugas pencegahan tidak hanya dilakukan oleh BNN, melainkan Bawaslu juga mempunyai peran dalam pencegahan maupun memerangi narkotika.

‚ÄúTidak hanya tugas BNN yang melakukan pencegahan, tapi juga seluruh lembaga baik formal maupun non formal dan segenap komponen masyarakat untuk melakukan pencegahan narkotika. Hal ini berdasar Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2020, yang mewajibkan untuk menjalankan P4GN,” ujar Harto.