Selama Pandemi, Sampah Bisa Ditukar dengan Sembako

by
TUKARKAN SAMPAH - Melalui program Bank Sampah On The Spot yang digagas Bank Sampah Induk Kendal, warga terdampak Covid-19 bisa tukarkan sampah.

*Program Bank Sampah on The Spot di Kendal

KENDAL – Di tengah sulitnya ekonomi karena pandemi Covid-19, Bank Sampah Induk Kendal membuat sebuah terobosan kreatif, yakni program Bank Sampah on The Spot. Lewat program ini, mereka akan mendatangi ruang-ruang terbuka hijau (RTH), dan menerima penukaran sampah dengan paket sembako.

Program ini dibuat untuk mendukung program tukar sampah dengan bahan sembako. Hal itu ditunjukkannya sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Kendal yang terdampak Covid-19.

Ketua Bank Sampah Induk Kendal, Nunuk mengatakan, program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank Sampah Induk terhadap masyarakat terdampak Covid-19. Dengan membawa sampah yang sudah diplah, masyarakat datang langsung untuk menukarkannya dengan sembako. “Ada beras, sayuran, buah, bumbu masak dan lain sebagainya. Sampah juga bisa diturkarkan dengan hasil kerajinan,” katanya, kemarin.

Diungkapkan, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk peduli dan menjaga kebersihan, karena pada pandemi ini semua dituntut mematuhui protokol kesehatan. “Salah satunya yaitu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19,” ungkap Nunuk.

Nunuk mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara memilah sampah dari rumah, seperti logam, plastik, kaca, elektronik dan kertas yang nantinya bisa dibawa di bank sampah induk untuk dapat di manfaatkan kembali.