Tolong, Tugas Anak Jangan Diambil Alih Orang Tua

by
Sabar Mulyono

BATANG – Beberapa Minggu lalu, jenjang SD sederajat di Batang menggelar Penilaian Tengah Semester. Lantaran masih di tengah pandemi, pembelajaran dilaksanakan jarak jauh di rumah dengan sistem home visit ataupun home schooling.

Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono berharap, orang tua bisa turut mendampingi anaknya ketika belajar di rumah. Meski begitu yang dimaksud mendampingi bukan dengan gamblangnya orang tua yang mengambil alih pekerjaan atau tugas anak. Diharapkan orang tua bisa belajar mendorong anak belajar dan tidak berorientasi pada hasil belajar anak.

“Kami harap orang tua tidak ambil alih untuk mengerjakan tugas anak. Entah itu karena tidak sabar agar belajar cepat selesai, atau karena ingin anak punya nilai yang bagus. Kami harap nantinya hal ini bisa diterapkan ketika mendampingi anak mengikuti penilaian akhir semester, ataupun penilaian lainnya,” jelas Sabar saat diwawancarai di kantornya, Selasa (6/10/2020).



Dijelaskan, di saat pandemi seperti ini, hasil pembelajaran anak tidak bisa dituntut sama kualitasnya dengan pembelajaran di tahun sebelumnya. Lantaran di tengah pandemi menggunakan pembelajaran jarak jauh, yang secara efektivitasnya berbeda dengan pembelajaran tatap muka biasa.

Justru di tengah pandemi seperti ini, pihaknya berharap pembelajaran bisa menekankan pembentukan karakter anak. Khususnya orang tua sebagai pihak yang berinteraksi lebih dengan anak bisa turut memberikan contoh pendidikan karakter yang selama ini diajarkan di sekolah.

“Sebisa mungkin orang tua juga turut mengajak anak untuk berbuat jujur, meski mengerjakan PTS ataupun PAS di rumah. Dan diharapkan bisa turut membangun semangat belajar anak dan bersinergi dengan pihak sekolah agar anak bisa bersemangat belajar meski di rumah,” pungkasnya. (nov)