Gencarkan Sosialisasi Adminduk Secara Online

by
SOSIALISASI - Disdukcapil Batang saat menggelar giat Disdukcapil Menyapa melalui kanal zoom ke masyarakat.

BATANG – Pandemi bukan menjadi halangan bagi Disdukcapil Kabupaten Batang untuk gencar bersosialisasi. Memanfaatkan sarana meeting online, zoom, Disdukcapil menyapa masyarakat di 15 kecamatan Batang sedari akhir September lalu.

Kepala Disdukcapil Batang, Abdul Rahman menjelaskan, program ini dilakukan sesuai dengan instruksi Ditjen Dukcapil Kemdagri. Dengan harapan Disdukcapil bisa mensosialisasikan program ke masyarakat, dan memberikan jawaban dan solusi atas permasalahan masyarakat dalam bidang kependudukan.

“Untuk tahap pertama ini kami gelar selama tiga Minggu. Satu Minggu sekali tiap hari Rabu per lima Kecamatan. Karena kami juga terbatas pada kuota zoom, sehingga kami bagi tiap harinya untuk lima kecamatan. Pertemuan ini memang difokuskan untuk petugas register desa, namun masyarakat umum juga bisa mengikuti dengan mendaftarkan diri lewat admin kami,” jelasnya, Senin (5/10/2020).

Dijelaskan, untuk Rabu (7/10/2020) besok, pihaknya masih akan menggelar Kegiatan Disdukcapil Menyapa. Kali ini menyasar Kecamatan Gringsing, Banyuputih, Subah, Tersono, dan Tulis.

“Dengan program ini kami juga ingin mengetahui bagaimana proses Adminduk di lapangan. Ternyata memang di lapangan ada beberapa petugas register yang masih memiliki kendala. Dan beberapa permasalahan Adminduk terkendala proses lantaran sekarang juga mengandalkan sinyal internet,” terang Abdul Rahman.

“Rata-rata keluhannya sebenarnya sama antara yang terjadi di bawah sama yang di dinas. Karena sekarang kita sudah menggunakan sistem online, terkadang permasalahan jaringan internet yang kurang stabil menghambat proses pembuatan adminduk. Kami berharap dengan sosialisasi ini, petugas register desa juga bisa getuk tular ke masyarakatnya sehingga bisa mengoptimalkan update data penduduk di masing-masing desa,” pungkasnya. (nov)