New Yaris Tampil Lebih Sporty, Manuver Lebih Lincah dan Bertenaga

by

*Berkendara Semakin Menyenangkan

Semarang – Sebagai produsen mobil, Toyota tak pernah berhenti berinovasi dalam memberikan produk roda empat yang diterima seluruh kalangan. Termasuk menghadirkan produk dengan konsep mobil compact hatchback.

Yaris pertama kali diproduksi pada tahun 1999 untuk menggantikan Toyota Starlet yang ikonik pada masanya. Toyota mulai memasarkan compact hatchback ini di Indonesia secara resmi pada tahun 2006 dengan tagline “All About Fun”.

Yaris generasi kedua yang sebenarnya menjadi generasi pertama versi Indonesia memiliki pilihan model E (transmisi manual atau otomatis), model S serta model S Limited (transmisi otomatis). Ketiga model ini menggunakan mesin 1.500 cc 1NZ-FE VVT-i. Toyota kemudian menghadirkan versi facelift pertama pada tahun 2009. Selain itu, dihadirkan pula model TRD Sportivo dengan tambahan body kit dan suspensi sport sehingga menambah kesan sporty.

Toyota pada 2013 menghadirkan generasi kedua versi Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2014. Yaris generasi kedua memiliki tiga tipe, yaitu E, G, dan tentunya TRD Sportivo. Diberi nama All New Yaris. Transformasi paling mencolok dari generasi ini terlihat dari eksteriornya. Tampilan compact hatchback ini menjadi lebih modern, sporty, dan tetap cocok untuk generasi muda.

Tahun 2016, muncul varian terbaru bernama Yaris Heykers. Berbeda dengan varian sebelumnya, Yaris Heykers masuk ke dalam segmen crossover serta menggunakan mesin baru 1.500 cc 2NR-FE Dual VVT-i yang membuat Yaris lebih bertenaga.

Transformasi Yaris tidak berhenti sampai di situ saja. Pada tahun 2018, dibuatkan versi facelift. Ada perubahan dari sisi bentuk bodi yang cukup berbeda serta lampu belakang mengambil inspirasi dari Toyota Auris generasi kedua.

Yaris kini menggunakan mesin 1.500 cc berkonfigurasi 4 silinder segaris. Dapur pacu berteknologi Dual VVT-i tersebut memiliki daya maksimum 107 PS/6.000 rpm dan torsi mencapai 140 Nm/4.200 rpm. Spesifikasi mesin tersebut dipakai di semua tipe Yaris yang diproduksi saat ini, yakni E, G, dan S TRD Sportivo.

New Yaris 2020

Setelah diperkenalkan awal September 2020, secara khusus Nasmoco menggelar acara Product Review dan Journalist Test Drive New Yaris, Senin (5/10). Dua mobil test drive yang terdiri dari New Yaris TRD Sportivo Matic Transmition (white) dan New Yaris TRD Sportivo Manual Transmition (grey) dijajal oleh 20 jurnalis cetak dan elektronik Jateng DIY di Nasmoco Kaligawe Semarang.

New Yaris tak hanya tampil sebagai hatchback yang semakin stylish dan youthful, namun juga menawarkan sensasi berkendara yang lincah (agile) hingga mampu membangkitkan rasa kegembiraan (excitement) bagi pelanggan, khususnya mereka yang berjiwa muda saat bermobilitas sehari-hari.

“Mobilitas pelanggan di era new normal ini adalah prioritas utama bagi Toyota dengan terus menghadirkan berbagai produk yang dapat memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Termasuk New Yaris yang kami harapkan dapat mendukung mobilitas pelanggan di era new normal ini, khususnya bagi generasi muda yang membutuhkan stylish hatchback yang lincah, mudah digunakan, serta exciting to drive,” kata Marketing Director Nasmoco Group, Hartono Dinata.

Tampil dengan tagline Start Your New Excitement, New Yaris dikembangkan sebagai hatchback kompak yang dapat menciptakan sensasi berkendara yang lincah serta menyenangkan dengan radius putar yang lebih pendek dari 5.7 meter menjadi 5.1 meter.

Improvement ini memberikan tak hanya nilai tambah dan kemudahan bagi pelanggan dalam bermanuver, namun juga melengkapi DNA New Yaris menjadi sebuah hatchback kompak yang bertenaga, stabil, dan lincah sehingga dapat semakin mendukung berbagai macam aktivitas penggunanya.

Eksterior New Yaris juga dibalut dengan desain baru, khususnya pada bagian depan seperti New Electrifying Front Looks pada tipe G. Sedangkan pada tipe TRD Sportivo, New Yaris telah dilengkapi dengan Attractive New Front Grille and Bumper, New Striking LED Headlamp Design, dan New LED Fog Lamp Design.

Tampilan depan New Yaris didesain untuk meningkatkan aura Yaris yang stylish serta bernuansa youthful sesuai dengan karakter pelanggan generasi muda maupun yang berjiwa muda.

Sementara pada sisi interior, New Yaris juga dibekali dengan New Advanced Infotainment System with Smartphone Connection yang mampu membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Khusus untuk tipe TRD Sportivo, New Yaris juga telah dilengkapi dengan New Rear Parking Camera yang akan semakin memudahkan pelanggan ketika parkir.

Selanjutnya pada sisi fitur safety, New Yaris memberikan pilihan yang lengkap kepada pelanggan, khususnya pada pilihan jumlah airbags. Kini New Yaris menawarkan tipe yang menggunakan 3 airbags yang melengkapi tipe dengan 7 airbags yang telah tersedia. Sehingga, pelanggan dapat memilih tipe New Yaris yang sesuai dengan kebutuhannya. (rls)