Waspada, Potensi Banjir masih Mengancam

by
RAKOR - BPBD Batang menggelar rapat koordinasi antisipasi bencana musim penghujan di Aula Kantor Bupati, Jumat (2/10/2020).

*Akhir Bulan Diprediksi Mulai Musim Hujan

BATANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang menyatakan secara tegas bahwa ancaman bencana banjir di wilayah Kabupaten Batang yang menjadi lokasi langganan banjir, pada tahun 2020 ini masih tetap ada.

“Masing masing kecamatan memiliki potensi banjir, tapi paling banyak di Kecamatan Batang dan Kecamatan Gringsing. Di tambah Kecamatan Kandeman, dan kecamatan Tulis, yang seringkali dilanda, seperti tahun tahun sebelumnya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Batang, Ulul Azmi, Jumat (2/10/2020).

Salah satu antisipasi yang dilakukan BPBD Batang yakni dengan menggelar rapat koodinasi lintas sektoral, dengan hasil akan dimunculksnnya surat edaran berisikan antisipasi perubahan iklim dan mengaktifkan posko.

Adapun untuk langkah pencegahan, seperti diketahui bersama bahwa Pemkab Batang direncanakan mendapat anggaran normalisasi Sungai Sambong sebesar Rp 100 miliar, yang sudah masuk dalam Perpres Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan. Sehingga, direncananakan pada tahun 2021 nanti sudah dapat untuk dikerjakan.

Sementara untuk pencegahan jangka pendek di tahun 2020 ini, beberapa OPD, kata Ulul, juga akan ikut dan sudah bergerak. Seperti misalnya Dinas Lingkungan Hidup yang sudah mengerahkan pasukan got, Bagian Kesra yang mengalokasikan anggaran untuk padat karya, DPUPR yang akan melakukan normalisasi (pengangkatan sedimentasi) pada saluran saluran sekunder seperti di Jalan Ahmad Yani, dan lainnya.