Bupati Ancam Tutup Tempat Wisata

by
BEROPERASI - Agrowisata Pagilaran menjadi salah satu wisata yang beroperasi di tengah pandemi.

*Jika Tak Disiplin Terapkan Prokes

BATANG – Memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru, sejumlah Objek Wisata di Kabupaten Batang mulai beroperasi kembali. Namun demikian, Bupati Batang, Wihaji, tetap mengingatkan masyarakat dan pengelola wisata untuk tak mengabaikan protokol kesehatan guna mencegah munculnya klaster Covid-19 dari pariwisata.

Terlebih, perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Batang disebut Wihaji terus mengalami peningkatan. Dari data Dinas Kesehatan Batang per 2 Oktober, diketahui data kumulatif terkonfirmasi Covid mencapai 398 orang, dengan rincian dirawat 91 orang, sembuh 278 orang, meninggal dunia 29 orang.

Data itu meningkat pada Minggu (4/10/2020) menjadi 406 orang, di mana dirawat 97 orang, sembuh 280 orang, meninggal dunia 29 orang. Bupati mengatakan, sebelum Pemkab Batang mengeluarkan izin buka obyek wisata di masa pandemi ini, pengelola wisata dan dinas pariwisata sudah meneken MoU penerapan protokol kesehatan.

“Kalau protokol kesehatan tidak dilaksanakan, dinas pariwiata keluarkan surat peringatan. Kalau sampai tiga kali tetap mengabaikan, saya tegas tutup obyek wisata,” tegas Wihaji.

Oleh karean itu, lanjutnya, Pemkab melalui Satpol PP bersinergi dengan Polres dan Kodim 0736/Batang melakukan edukasi 3M sekaligus melakukan penindakan.